Minggu, 17 Juni 2012

Membuat Read More di Blogspot

Hal pertama yang biasa harus lakukan setelah membuat blog  di blogspot adalah melakukan posting artikel, ganti tema (themes) dan sedikit utak-atik tema agar sesuai dengan keinginan. Salah satunya adalah memberikan link "Read More..." (atau sejenisnya)agar tampilanya akan menjadi kecil. Dengan demikian, artikel sepanjang apapun tidak akan mengganggu tampilan blog. Selain blog kelihatan rapi, juga menghemat tempat sehingga lebih banyak artikel yang ditampilkan di halaman utama tanpa pengunjung harus ribet menggulung layar terlalu panjang.

Cara membuat readmore di bloggspot, Dari hasil jalan-jalan di blog orang dan sedikit baca-baca helpnya blogger. Berikut caranya :

  • Masuk ke akun blog, pilih blog yang akan diedit, klik link Template > Edit HTML
  • Tandai Expand Widget Templates

  • Masukkan kode di bawah ini sebelum tag </head> atau tepat sesudah kode } ]]></b:skin> seperti ini:
    <style>
    <b:if cond='data:blog.pageType == "item"'> 
       span.fullpost {display:inline;}
    <b:else/>
       span.fullpost {display:none;} 
    </b:if>
    </style>


  • Kemudian atur supaya artikel terpotong, cari kode <p><data:post.body/></p> pada template dan tambahkan kode berikut tepat dibawahnya:
    <b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>
    <a expr:href='data:post.url'> Read More..</a>
    </b:if>

  • Agar hasil postingan terpotong, setiap kali kamu posting, klik pada bagian posting dimana kamu pengen tulisan Read More.. muncul, dan ketik <span class="fullpost"> sisa postingan sampai selesai </span>. Gunakan mode Edit HTML ketika menulis postingan. Ganti tulisan Read More.. sesuai selera anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda